Kamis, 02 Juli 2015

#ERP UAS T01

Disini akan kami share terkait ERP UAS T01 yang mana disini akan dilakukan transaksi antara Purchasing PT Flaminggo dengan Sales PT Hippopotama Indonesia.
Adapun yang bertindak sebagai Purchasing PT Flaminggo disini adalah Imron Sirait (4411216133) sedangkan yang bertindak sebagai Sales PT Hippopotama Indonesia adalah Kusman.
Adapaun urutan transaksi nya adalah sebagai berikut.

1. PT Flaminggo berencana untuk membeli komputer dan mouse dari PT Hippopotama Indonesia.
Maka untuk memulai transaksi ini Purchasing PT Flaminggo meminta penawaran harga (RFQ) ke PT Hippopotama Indonesia. Seharus nya RFQ ini dilakukan dengan menggunakan email gate way akan tetapi karena email gate way error sehingga transaksi ini dialkukan dengan menggunakan email Flaminggo.
Adapun transaksi via email tersebut seperti tertera dibawah ini.

                                          Gambar transaksi lewat email gate way error
                                           Gambar permintaan RFQ via email PT Flaminggo
                                                      Gambar RFQ dari PT Flaminggo

2. Selanjut nya setelah menerima email request RFQ dari Purchasing PT Flaminggo, Sales PT Hippopotama Indonesia mengkonfirmasi email tersebut dan sekaligus mengirimkan penawaran harga yang diminta oleh PT Flaminggo.
                                              Gambar email pengiriman RFQ dari PT Hippo
3. Setelah menerima quotation dari PT Hippopotama Indonesia maka Purchasing PT Flaminggo melakukan konfirmasi harga dan apabila harga sudah cocok maka Purchasing PT Flaminggo akan mengeluarkan PO untuk proses pembelian Komputer dan mouse tersebut. Proses ini juga dilakukan lewat email.

                                             Gambar pengiriman PO oleh PT Flaminggo
4. Selanjut nya Sales PT Hippopotama Indonesia akan mengkonfirmasi PO yang dikirimkan PT Flaminggo dan sekaligus mengeluarkan SO untuk proses penjualan komputer dan mouse yang diminta oleh PT Flaminggo.
                                                  Gambar Konfirmasi PO oleh PT Hippo
5. Transaksi selanjutnya PT Hippopotama Indonesia mengirimkan produk yang dipesan oleh PT Flaminggo dan produk tersebut akan direceive oleh warehouse PT Flaminggo.
                                       Gambar Received produk oleh w.house PT Flaminggo
6. Setelah produk diterima oleh PT Flaminggo maka Sales PT Hippopotama Indonesia akan mengeluarkan invoice untuk menagihkan pembayaran produk tersebut.




7. Transaksi selanjut nya PT Flaminggo melakukan pembayaran invoice dari PT Hippopotama Indonesia.
                                  Gambar Pembayaran invoice PT Hippo oleh PT Flaminggo

Dengan demikian berakhirlah transaksi antara PT Flaminggo dengan PT Hippopotama Indonesia.
Mudah-mudahan contoh proses transaksi antara Purchasing PT Flaminggo dengan Sales PT Hippopotama Indonesia dapat bermanfaat bagi yang membacanya.
Terima kasih.

Wassalam,
Imron Sirait




 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar